↑ Return to BUKU INGSUN

Klinik Skripsi

Selama hampir 10 tahun membimbing dan menguji skripsi mahasiswa, saya menemukan kesalahan-kesalahan yang terus berulang dalam beberapa bagian. Saya juga banyak mendengar keluh kesah mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi, baik tentang topik penelitian, tentang susahnya memperoleh data, atau juga tentang banyaknya biaya yang harus dialokasikan untuk skripsi.

Dalam kurun waktu tersebut, saya juga banyak menemukan mahasiswa yang akhirnya harus ‘menyerah’, pulang tanpa gelar hanya gara-gara skripsi yang tidak dapat diselesaikan. Semua pengorbanan, baik biaya maupun waktu dan usaha yang diberikan untuk menyelesaikan hampir 140 SKS matakuliah hilang sia-sia gara-gara skripsi yang hanya 4-6 sks!

Skripsi benar-benar telah menjadi momok bagi mahasiswa semester akhir. Skripsi begitu menakutkan. Kesan mengerikan ini diperparah dengan cerita yang selalu turun temurun dari kakak tingkat tentang skripsi yang sulit, juga tentang pembimbing yang menurut mereka ‘killer’. Sementara sangat jarang cerita ‘baik’ tentang skripsi yang sampai kepada mahasiswa. Mungkin karena jumlahnya tidak banyak, atau mungkin memang bad news selalu menjadi good news.

Berangkat dari hal-hal inilah saya berusaha untuk mengkompilasi bahan-bahan materi matakuliah Metodologi Penelitian Akuntansi (MPA) yang selama beberapa tahun terakhir saya ampu. Melalui buku ini saya berusaha untuk meyakinkan bahwa skripsi itu tidak menakutkan, skripsi itu tidak sulit, skripsi itu mudah dan menyenangkan, bahkan bisa menguntungkan. Sengaja saya tidak menggunakan konstruksi dan gaya bahasa yang formal, murni akademik, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami buku ini. Karena tujuan utama penulisan buku ini adalah membantu mahasiswa dalam proses penyusunan tugas akhirnya, itulah makanya judul buku ini bukan ‘Metodologi Penelitian’, namun “Klinik Skripsi.”

Provokasi pola pikir bahwa skripsi itu mudah, skripsi itu murah, skripsi itu menguntungkan, dan sebagainya saya sajikan di bagian awal buku ini (Bagian I). sengaja topik ini saya letakkan di awal kajian untuk membongkar paradigma dan anggapan lama tentang skripsi yang selama ini cenderung susah, lama, dan mahal. Setelah menyajikan pola pikir baru tentang skripsi, baru saya membahas tentang topik menggali ide dan gagasan di Bagian II.

Bagaimana menyusun latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat saya bahas di Bagian III (tema ini biasanya ada di Bab 1 dalam skripsi). Dilanjutkan dengan Bagian IV yang membahas tentang landasan teori dan tinjauan pustaka, serta bagaimana menyusun bab ‘Metode Penelitian’ di Bagian V. Sedangkan Bagian VI membahas tentang bagaimana harusnya menyajikan hasil penelitian dan melakukan pembahasan atas hasil pengolahan data.

Pada Bagian VII, saya membahas tentang kaidah penulisan karya ilmiah, termasuk bagaimana cara mengutip dan menyajikan sumber kutipan di daftar pustaka. Hal ini penting untuk disajikan karena ada sangat banyak kesalahan yang sering terjadi, yang itu terkait dengan aspek kebahasaan, bukan konten penelitiannya. Pada bagian ini saya juga memberikan link untuk dapat mengakses software GLOSARIUM, sebuah software yang diciptakan oleh Pusat Bahasa Kemdiknas RI yang berisi tentang kata-kata serapan dari bahasa asing yang sudah dibakukan dalam bahasa Indonesia. Buku ini saya tutup dengan beberapa tips “hemat, cepat & selamat” ber-skripsi.

Saya sadar dan meyakini bahwa ada banyak celah kekurangan dan (mungkin) kesalahan dalam buku ini. Bagaimanapun, kajian tentang metodologi penelitian sangat beragam. Oleh Karena itu, saya membuka diri dengan sangat senang hati untuk menerima kritik dan masukan dari semua pihak untuk memperbaiki isi buku ini. Kritik dan masukan dapat langsung dikirim kepada saya melalu email: mas_ulum@yahoo.com atau ihyaul@umm.ac.id.

Terimakasih kepada pimpinan Program Studi Akuntansi, pengurus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengampu matakuliah MPA sejak beberapa tahun terakhir. Kesempatan inilah yang mengantarkan saya untuk belajar tentang banyak hal dan kemudian menghasilkan buku ini.

Terimakasih kepada guru, senior, kolega, dan mitra saya dalam mengampu matakuliah MPA (Dr. Ahmad Juanda) atas diskusi-diskusi hangatnya dalam menyusun materi perkuliahan. Terimakasih telah membimbing saya dalam banyak hal. Terimakasih juga kepada semua dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM untuk segala dukungannya selama ini.

Secara khusus saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang telah berkenan membaca naskah awal dan memberikan komentar-komentar positif tentang buku ini. Juga buat seluruh mahasiswa yang pernah menempuh matakuliah MPA di kelas yang saya ampu, serta mahasiswa yang tergabung dalam tim asisten Lab. Akuntansi angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang telah memberikan banyak inspirasi kepada saya selama proses penyusunan buku ini.

Terakhir, tentu saja saya harus berterimakasih kepada istri saya (Nining Fadliyah), anak pertama saya (Najwa Ihfada NA.), dan calon anak kedua yang masih di dalam rahim bunda… untuk segala pengertian dan kesabarannya selama proses penyusunan buku ini, karena waktu-waktu istirahat yang harusnya untuk kalian, harus digunakan untuk menyusun naskah buku ini.

Akhirnya, saya persembahkan karya akademik ini kepada dunia ilmu pengetahuan untuk dikritisi, diberi masukan, dan dimanfaatkan. Semoga ada nilai-nilai positif yang dapat diperoleh setelah membaca buku ini. Jika ada banyak kesalahan, saya mohon maaf….

~~oOo~

Kata Mereka

 

Membaca buku mas Ulum ini, saya langsung teringat saat menyusun skripsi dulu. Andai saja waktu itu sudah ada buku ini, pasti proses penyusunan skripsi saya akan jauh lebih cepat dan mudah.

Bestari Handayani, dosen Universitas Negeri Semarang

Sebagai penulis buku pertama di Indonesia tentang intellectual capital yang sarat dengan muatan hasil riset, mas Ulum paham betul bagaimana merangkai tahap per tahap dalam penelitian. Buku ini menggambarkan bagaimana tahap per tahap dalam skripsi seharusnya disusun.

Abrar Amri, alumni Prodi Akuntansi Univ. Syiah Kuala Aceh

Materi di buku ini sebagian adalah bahan kuliah yang pernah saya dapatkan ketika menempuh matakuliah metpen yang diajar oleh penulis. Dengan gaya dan caranya yang khas, pak Ulum sukses memprovokasi mahasiswa untuk mengelaborasi ide-ide baru dalam menyusun skripsi dan mengantarkan saya (juga banyak teman yang lain) dalam menyelesaikan skripsi kurang dari 4 bulan.

Arimbi Puspitahati, alumni Prodi Akuntansi Univ. Muhammadiyah Malang

Buku ini tidak hanya menyajikan bagaimana menyusun skripsi dengan baik dan benar, tetapi juga memberikan tips hemat, cepat, dan selamat dalam ber-skripsi. Dengan berbekal buku ini, menyusun skripsi akan b’rasa lebih mudah dan menyenangkan.

Lesti Meilani, mahasiswa Univ. Sultan Ageng Tirtayasa Banten

Meskipun buku ini lebih banyak membahas tentang penyusunan tugas akhir untuk mahasiswa S1, tetapi buku ini telah menginspirasi saya dalam membimbing murid-murid saya dalam menyusun karya ilmiah yang baik.

Fatihul Ihsan, guru Madrasah Aliyah Negeri Babat, Lamongan

Skripsi plus PKM? Kalau saja banyak mahasiswa dapat melakukannya, pasti skripsi tidak hanya akan jadi mudah dan murah, tetapi malah menguntungkan! Penulis sukses memaparkan ide kreatif tersebut dalam buku ini dengan baik. Saya rasa, semua mahasiswa dan dosen harus baca buku ini.

Luluk M. Ifada, dosen Univ. Sultan Agung Semarang

Ide ‘Skripsi Bersama” yang ditawarkan dalam buku ini sangat menarik dan inovatif. Dengan ide ini, proses penyusunan skripsi akan jauh lebih murah dan mudah.

Lilis Sulistyani, dosen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta

Hal paling menarik dari buku ini menurut saya adalah disajikannya kaidah penulisan ilmiah yang baku, dilengkapi dengan ‘sedekah’ software GLOSARIUM sebagai sumber referensi padanan kata-kata asing yang sudah di-Indonesia-kan.

Ifah Latifah, mahasiswa program doktor Univ. Diponegoro Semarang

Meskipun contoh-contoh dalam buku ini lebih banyak tentang bidang ilmu ekonomi, khususnya akuntansi, namun saya memperoleh banyak pencerahan untuk menyusun skripsi di bidang ilmu TI yang saya geluti.

Abdur Rozaq, mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya

Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh yang disajikan dengan bahasa yang sederhana tentang bagaimana seharusnya menyajikan bab per bab dalam skripsi. Itu sangat membantu saya

Dini Istiqomah, mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta

~~oo~~

Bagian awal