↑ Return to BUKU INGSUN

Public Sector Accounting: 2004

Gbr0086SINOPSIS EDISI PERTAMA

Otonomi daerah dewasa ini telah menjadi semacam new product dari sebuah “industri” bernama pemerintah yang begitu masuk di pasar langsung memperoleh tanggapan sangat tinggi. Otonomi daerah menjadi sesuatu yang marketable dari berbagai sisi dan bidang kajian.

Seiring dengan tingginya animo masyarakat menyambut pelaksanaan otonomi daerah, akuntansi sektor publik menjadi sesuatu yang ‘wajib’ menyertainya. Otonomi daerah identik dengan tuntutan akuntabilitas, good governance, dan sebagainya. Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan masyarakat secara jujur. Akuntansi sektor publik menjadi salah satu disiplin ilmu – bersama disiplin ilmu yang lain – yang menjadi penjaga gawang pelaksanaan otonomi daerah, khususnya berkaitan dengan pengungkapan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah.

Buku ini adalah salah satu dari sekian buku yang membahas tentang upaya menciptakan pemerintahan yang akuntabel, yang memenuhi kriteria good governance. Salah satunya adalah dengan cara menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah secara jujur dan tanpa rekayasa. Buku ini selain membahas tentang isu-isu seputar otonomi daerah (akuntabilitas, good governance, paradigma baru pengawasan keuangan negara/daerah, pola dan proses penyusunan anggaran negara/daerah, dsb), juga membahas tentang bagaimana laporan keuangan pemerintah disusun dan disajikan, bagaimana standar akuntansinya, dan bagaimana sistem keuangan daerah dijalankan? Dalam buku ini juga “disinggung” tentang pengukuran kinerja sektor publik dan Akuntansi untuk Perguruan Tinggi.

Buku ini perlu dibaca oleh: mahasiswa jurusan akuntansi (Fakultas Ekonomi), mahasiswa jurusan ilmu pemerintah (FISIP), mahasiswa jurusan keuangan negara, akademisi, staf/pegawai bagian akuntansi di pemerintah daerah, juga Anda yang berminat untuk mengenal dan mengetahui seputar otonomi daerah.

Berikut daftar isinya:

Daftar isi

Leave a Reply