«

»

May 25

Metodologi Penelitian Akuntansi

IMG-20160203-WA0007

Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi kami, bahwa buku edisi 2 ini akhirnya bisa dihadirkan dengan sejumlah perubahan dan tambahan kajian yang cukup signifikan. Beberapa bab baru yang dihadirkan di edisi ini antara lain tentang hakekat penelitian akuntansi, pemisahan bahasan antara penelitian survei dan studi kasus, bahasan tentang naskah publikasi dan publikasi karya ilmiah.

Selain itu, di edisi 2 ini disajikan dua kutub besar pendekatan penelitian (akuntansi), yaitu penelitian survei dan penelitian studi kasus. Masing-masing pendekatan diuraikan secara sangat detil mulai dari bagaimana menyusun latar belakang penelitian hingga menyajikan dan mendiskusikan hasil penelitian. Untuk memudahkan dalam memahami kedua pendekatan tersebut, penyajian dalam buku ini dibuat terpisah dalam dua bagian.

Buku ini memang secara eksplisit tertulis ditujukan untuk mahasiswa S1 dalam menyusun tugas akhirnya (skripsi). Namun dalam beberapa bagian, topik-topik di buku ini juga cukup relevan untuk dijadikan sebagai salah satu sumber referensi bagi mahasiswa S2. Misalnya, tentang bagaimana menemukan ide penelitian, tentang teori-teori mainstream dalam penelitian akuntansi, serta beberapa pedoman tata tulis karya ilmiah.

Kami meyakini bahwa segigih dan semaksimal apapun kami berusaha menyusun buku ini, tentu masih ada kelemahan dan bolong di sana sini. Oleh karena itu, kami dengan sangat senang hati untuk menerima kritik dan saran untuk perbaikan selanjutnya. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui surel kami di: mas_ulum@yahoo.com dan atau juanda@umm.ac.id.

Terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya kepada kami untuk menyelesaikan buku ini. Terutama, terima kasih kepada mahasiswa-mahasiswi kami di kelas Metodologi Penelitian Akuntansi (MPA). Terima kasih karena kalianlah sumber inspirasi dan motivasi kami. Terima kasih juga buat para kolega kami di jurusan akuntansi UMM, terutama dosen senior kami, pak Dhaniel Syam yang tetap semangat untuk mengajar di depan kelas.

Terima kasih secara khusus juga kami sampaikan kepada pimpinan (rektor, pembantu rektor, dekan, ketua jurusan) yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk mengampu matakuliah MPA. Dari matakuliah MPA itulah ide dan segala inspirasi untuk menyusun buku ini ditemukan. Akhirnya, dengan segala keterbatasan yang melekat di dalamnya, kami persembahkan buku ini kepada dunia ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat, dan barokah bagi kita semua. Aamiiiin.

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: