«

»

May 25

Akuntansi (Sektor) Publik

 

Puji syukur yangsektor 2 teramat dalam kami haturkan ke hadirat Allah SWT. atas percikan kasih dan limpahan rahmat, taufiq, hidayah, dan ma’unah-Nya sehingga buku “Akuntansi (Sektor) Publik” ini dapat terselesaikan. Sungguh tiada daya dan upaya sedikitpun tanpa pertolongan dan kehendak-Nya. Tiada kekuatan dan kemampuan untuk melewati setiap bab dalam buku ini tanpa hidayah dan ma’unah-Nya.

Selanjutnya, do’a sholawat dan salam ta’dzim semoga senantiasa melimpah ke pangkuan Nabi Agung Muhammad SAW., Rasul akhir zaman, penutup para Nabi, pendobrak kebekuan tauhid, pelindung anak yatim, revolusioner sejati dalam memperjuangkan kesetaraan gender, uswatun hasanah di tengah kebobrokan akhlak. Beliaulah Rasul yang kemuliaan akhlaknya dibicarakan para malaikat dan dipuji oleh Allah SWT.

Buku ini disajikan dalam dua (2) bagian besar. Bagian pertama bicara tentang hal-hal umum dalam akuntansi (sektor) publik, misalnya tentang otonomi daerah, good governance, new public mangement, e-government, keuangan negara, penganggaran, dan sebagainya. Pada bagian ini juga dibahas tentang pengukuran kinerja sektor publik dan kerangka konseptual standar akuntansi pemerintahan.

Bagian kedua membahas secara khusus tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah. Pada bagian ini disajikan contoh-contoh praktis implementasi kedua regulasi tersebut.

Ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya (harus) kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan buku ini, baik langsung maupun tida langsung, terutama kepada pimpinan UMM dan UMY yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengembangkan diri dalam banyak hal. Terima kasih kepada sahabat-sahabat dan kolega di Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) yang banyak memberikan spirit kebersamaan dan kerja keras. Sahabat dan kolega kami di UMM dan UMY, serta kepada keluarga kami.

Kami paham dan sangat menyadari bahwa tidak ada karya tulis yang sempurna, tanpa cela, tiada cacat tiada salah. Oleh karena itu, kami membuka ruang untuk berdiskusi, serta menerima berbagai kritik dan saran terkait buku ini melalui media email (mas_ulum@yahoo.com dan/atau hafiez.sofyani@gmail.com). Jika Allah mengijinkan, kami akan dengan sangat senang hati menjawab setiap sapaan.

                Akhirnya, dengan segala keterbatasan dan kekurangannya, kami persembahkan buku ini kepada dunia ilmu pengetahuan. Semoga dapat memberikan sedikit warna dan menambah khazanah tentang akuntansi (sektor) publik. Kebenaran dan kesempurnaan adalah miliki ALLAH, segala bentuk kesalahan terkait konsep, interpretasi, diksi, maupun redaksional adalah tanggung jawab dan milik kami.

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: