«

»

Aug 12

Enjoy mengelola Sitadi dan Bibliografi dengan EndNote X7

Sx7 3alah satu kesulitan terbesar mahasiswa dan peneliti dalam menulis adalah bagaimana melakukan sitasi dengan baik dan benar ser
ta bagaimana menyusun daftar rujukan dengan baik dan benar pada saat menyusun skripsi, tesis dan disertasi maupun penulisan artikel lainnya. Buku ini disajikan dalam bahasa Indonesia yang baik dengan tujuan yang sangat mulia yaitu membantu kita memahami untuk kemudian terampil menggunakan software EndNote yang sangat populer sebagai software sitasi dan referensi yang baik.

Saya berkenalan dengan software ini pada tahun 1998 pada saat menyelesaikan disertasi saya di Australia. Dari pengalaman itu saya merasa software ini sangat berguna untuk membantu peneliti menulis dengan baik sitasi yang disajikan dalam naskah serta daftar referensi yang disajikan di bagian akhir karya ilmiahnya. Oleh karena itu sejak saya menjadi Ketua Program Doktor di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, saya mewajibkan semua mahasiswa menulis disertasinya dengan menggunakan tehnik sitasi dan referensi EndNote ini, sehingga terhindar dari berbagai kesalahan sitasi dan referensi.

Beberapa manfaat dasar yang diperoleh dengan tehnik  sitasi dan referensi yang baik adalah pertama penulis akan terhindar dari kesalahan menulis nama dan tehnik menyitir nama dalam karya ilmiahnya, yang kedua tidak mungkin terjadi kesalahan dalam menyusun daftar referensi, karena software ini secara otomatis akan menyusunkan daftar referen
si yang lengkap sesuai dengan style yang dipilih. Manfaat yang ketiga adalah penulis akan bekerja sangat efisien dalam proses telaah pustakanya sebab pada saat yang sama ia dapat melakukan “pemetikan makna dari sebaris alinea atau sub bab” secara langsung dari sumber aslinya yang tersedia dalam “jendela EndNote” sehingga pembahasan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Terima kasih dan proficiat kepada saudara kita Ihyaul Ulum, Kandidat Doktor Ilmu Akuntasi di Program Pascasarjana Strata Tiga  Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip yang telah bersusah payah menyiapakan buku ini yang saya yakin sangat bermanfaat bagi kita semua. Harapan kami semua buku ini memberi manfaat dan memberi makna pada karya ilmiah kita.

Prof. Augusty Tae Ferdinand, DBA.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: