«

»

Nov 19

Puasa ASYURA’

Bagi sebagian kalangan umat Islam, bulan Muharrom (Suro) adalah bulan baik untuk memperbanyak amal baik. diantaranya adalah puasa ASYURO’ yang dilakukan pada tanggal 10 Muharrom [ada juga yang bilang tanggal 9,10,11]. pada tanggal 10 Muharrom juga diyakini sebagai hari baik untk menyantuni anak yatim [tentu saja di hari yang lain juga tetap harus menyantuni mereka].

Terkait puasa asyuro ini, ada pula yang menganggap bahwa puasa pada tanggal 10 Muharrom itu tidak ada dalilnya. Hadits2 yang menyatakan kesunnahan puasa asyura dianggap tidak masuk akal dan diduga palsu.

Well, menurut saya…yang mau puasa dan meyakini kesunnahan puasa asyura silahkan berpuasa. yang TIDAK MAU BERPUASA ndak usah deh pake membodoh2kan yang puasa dengan menuding mereka yang berpuasa adalah orang2 yang tidak pernah belajar ilmu hadits! Miris sekali, hanya dengan modal ‘nyantri’ dari guru di blog2 di internet, sudah dengan mudahnya MEMBODOH2KAN dan MENYALAH2KAN pada kiyai yang bertahun2 mengaji kitab2 salafussalih.

Mari cek lagi niatan kita, ketika mencari2 ‘dalil’ tentang lemahnya dasar puasa asyuro’ itu, apakah benar2 karena ingin menjaga kemurnian ajaran Islam, ataukah sekedar mau mencari teman untuk tidak mau berpuasa sunnah? kalau memang tidak mau puasa sunnah asyura ya sudah…gak usah puasa, tapi gak usah ngajak2 dan nyalah2in mereka yang pengen puasa.

Masing2 punya dasar atas keyakinannya, ndak usah saling mencaci. saling menghormati itu jauh lebih indah bukan?! mari beramal sesuai keyakinan masing-masing, tanpa harus merasa paling benar dan yang lain pasti salah dan akan masuk neraka! LAKUM DIINUKUM WALIYA DIINy

 

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: