«

»

Feb 18

Call for Paper

Kami mengundang Bapak/ibu/sdr untuk berpartisipasi mengirimkan artikel di Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan (JRAK).  Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan (JRAK) terbit 2 kali dalam setahun (bulan April dan Oktober). Tulisan yang masuk akan di-review oleh 2 Mitra Bestari (Reviewer) dengan menggunakan form penilaian yang telah ditentukan.

Artikel dapat dikirim by email ke: jrak.umm@gmail.com dengan Cc: mas_ulum@yahoo.com

BERIKUT STANDAR PENULISAN JRAK

Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan

Panduan bagi Penulis

A. Jenis Kontribusi

1.    JRAK mempublikasikan tulisan dalam bentuk artikel konseptual (conceptual paper) dan/atau artikel hasil penelitian (research paper) yang termasuk dalam bidang ilmu Akuntansi dan Keuangan. Objek kajian tulisan dapat meliputi tema-tema tentang kewirausahaan, sektor publik, keuangan syari’ah, knowledge management, dan intellectual capital.

2.    Naskah belum pernah dipublikasikan dan/atau tidak sedang didaftarkan untuk dipublikan pada publikasi lain.

3.    Semua naskah akan direviu oleh dua orang mitra bestari dengan standar penilaian yang telah ditentukan.

4.    Ketika naskah dinyatakan diterima, maka penulis diminta untuk mengirim surat pernyataan keaslian/non-plagiarism.

B. Ketentuan Umum

1.    Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

2.    Naskah ditulis dengan program MS. Word dan disimpat dalam format “word for windows” dalam satu kolom dengan spasi ganda (double space).

3.    Seluruh halaman dalam naskah harus diberi nomor halaman di bagian bawah kanan, dimulai dari nomor 1. Ukuran kertas yang digunakan adalah A4 dengan margin 3.0 cm untuk semua sisi.

4.    Jenis font yang digunakan adalah “Times New Roman” 12pt.

5.    Panjang naskah maksimal 18 halaman. Tidak diperkenankan mencantumkan lampiran.

6.    Semua tabel dan gambar diketik dalam halaman terpisah dari naskah dan diberi nomor sesuai urutan kemunculannya.

7.    Penggunaan istilah asing harus mengacu pada standar yang telah ditetapkan (gunakan GLOSARIUM).

8.    Naskah dikirim lewat email (dalam bentuk attachment file) dan/atau lewat pos (dalam bentuk CD dan hard copy).

C. Struktur Naskah

Secara umum, naskah harus disusun dalam urutan sebagai berikut: Judul; Abstract; Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan; Simpulan; ucapan terimakasih (pilihan); dan Daftar Pustaka. Sub judul harus ditulis dengan huruf besar dan tebal (bold capital) dan diletakkan di tengah-tengah halaman.

JUDUL

Judul naskah disusun tidak lebih dari 20 kata. Penggunaan singkatan tidak diperbolehkan. Judul naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul naskah ditulis dengan ukuran huruf 14pt dalam format tebal (bold). Judul naskah diikuti nama (nama) penulis dan alamat lengkap institusi. Jika penulis terdiri dari lebih dari dua orang/institusi yang berbeda, maka contact author harus dituliskan dalam bentuk footnote di bagian bawah halaman judul.

ABSTRACT

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris dan tidak lebih dari 150 kata dalam satu paragraf dengan spasi 1 (single space). Abstract dimulai dengan pernyataan tentang tujuan, kemudian diikuti dengan metode, hasil, dan simpulan penting. Referensi tidak boleh dikutip di dalam abstract. Singkatan yang digunakan di dalam abstract harus dijelaskan definisinya ketika singkatan itu pertama kali digunakan. Di akhir abstract, tulis 3-5 kata-kata kunci (keywords) dengan urutan sesuai alfabet.

PENDAHULUAN

Pendahuluan harus menyajikan informasi yang dibutuhkan untuk memahami naskah yang disajikan. Pendahuluan dimulai dengan pernyataan tentang isu yang ditulis, kemudian dilanjutkan dengan kajian teori dan simpulan beberapa riset yang pernah dilakukan tentang isu tersebut (baik oleh penulis maupun peneliti lain). Di akhir bagian pendahuluan harus dinyatakan dengan jelas tujuan penulisan/penelitian yang dilakukan.

METODE

Pada bagian metode, harus dituliskan secara jelas bagaimana kajian/penelitian dilakukan. Penjelasan tentang teknik analisis data harus disusun secara detil, termasuk diskusi tentang alat analisis statistika jika digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan pembahasan dapat disajikan dalam satu bagian atau dipisah. Jika hasil dipisahkan dengan pembahasan, maka pada bagian hasil hanya disajikan hasil kajian/analisis yang dilakukan, tidak ada perbandingan literatur. Perbandingan literatur tersebut muncul pada bagian pembahasan. Pada bagian ini, penulis harus menginterpretasikan hasil analisis yang disajikan pada bagian sebelumnya.

SIMPULAN

Simpulan harus ditulis tidak lebih dari 150 kata dalam bentuk narasi, sebaiknya bukan numbering. Pada bagian ini dapat ditambahkan “keterbatasan” dan “saran”

DAFTAR PUSTAKA

Semua referensi yang dikutip di dalam naskah harus disajikan di daftar pustaka dengan urutan sesuai abjad (A-Z) dari nama terakhir, nama depan disingkat (untuk penulis kedua dan ketiga dimulai dari nama depan yang disingkat kemudian nama terakhir). Pustaka yang tidak dikutip tidak boleh muncul di daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka menggunakan metode Harfard (nama, tahun) dengan pemisah tanda titik. Di akhir bagian daftar pustaka, tuliskan satu paragraf (tidak lebih dari 90 kata) “Tentang Penulis” yang mencakup riwayat singkat dan alamat email penulis. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka (perhatikan penggunaan format miring-italic dan tanda petik!):

a. Referensi dari buku

Ulum, I. 2009. Intellectual Capital; Konsep dan Kajian Empiris. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Watts, R.L. and J.L. Zimmerman. 1986. Positive Accounting Theory. Prentice-Hall. Englewood Cliffs. NJ.

Roos, J., G. Roos, N.C. Dragonetti, and L. Edvinsson. 1997. Intellectual Capital: Navigating in the New Business Landscape. Macmillan Business. Houndsmills.

b. Referensi dari jurnal, majalah, koran, dsb.

Bontis, N. and J. Fitz-enz. 2002. “Intellectual capital ROI: a causal map of human capital antecedents and consequents”. Journal of Intellectual Capital. Vol. 3 No. 3. pp. 223-47.

Abidin. 2000. “Upaya Mengembangkan Ukuran-ukuran Baru”. Media Akuntansi. Edisi 7. Thn. VIII. pp. 46-47.

Hanafi, M. 1998. “Efisiensi Emisi Saham Baru di Bursa Efek Jakarta”. KELOLA Gadjah Mada University Business Review. No. 17/VII/1998, h. 88-106.

c. Referensi dari internet

Pulic, A. 2000. “VAICTM – an accounting tool for IC management”. available online at: www.measuring-ip.at/Papers/ham99txt.htm (diakses pada 2 November 2006).

d.   Referensi dari proceeding, thesis, disertasi, paper (unpublished)

Miller, M., B.D. Du Pont, V. Fera, R. Jeffrey, B. Mahon, B.M. Payer, and A. Starr. 1999. “Measuring and reporting intellectual capital from a diverse Canadian industry perspective”. Paper presented at the International Symposium Measuring and Reporting Intellectual Capital: Experiences, Issues and Prospects. June. Amsterdam.

Ulum, I. 2008. “Intellectual capital and financial return of listed Indonesian banking sector”. Proceeding international research seminar and exhibition. Lemlit UMM. Malang.

TABEL

Penulisan judul tabel menggunakan angka arab (1,2,3 dst) dan diletakkan di atas tabel. Garis pada tabel hanya menggunakan tiga (3) garis horisontal tanpa garis vertikal. Tabel sedapat mungkin tidak dari hasil scan. Informasi singkat dan penting tentang isi tabel diperkenankan. Setiap tabel harus mencantumkan sumber dan dicantumkan di bawah tabel.

GAMBAR/ILUSTRASI

Judul gambar/grafik/ilustrasi lainnya diletakkan di bawah ilustasi dan posisinya di tengah. Informasi singkat dan penting tentang isi ilustrasi diperkenankan. Setiap ilustrasi harus mencantumkan sumber dan dicantumkan di bawah.

Naskah dapat dikirim ke alamat berikut:

Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan (JRAK)

Program Studi Akuntansi, FE Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang 65144 Jawa Timur, Indonesia.

Telp: 0341-464318, Ext. 218 Fax: 0341-460782

Email: jrak.umm@gmail.com

unduh versi pdf disini

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: