«

»

May 22

Annual Report untuk Perguruan Tinggi

Sebagai organisasi, perguruan tinggi pada dasarnya memiliki kepentingan yang sama dengan perusahaan (organisasi bisnis), yaitu berusaha untuk tetap survive, dikenal masyarakat, dan ‘laku’.  Berbagai upaya dilakukan untuk tetap bertahan dan menjadi preferensi masyarakat, baik produk maupun jasanya.

Organisasi bisnis misalnya, setiap tahun menyajikan informasi tentang perusahaan melalui berbagai media. Salah satu media yang secara rutin menjadi produk informasi perusahaan adalah laporan tahunan (annual report). Dalam annual report, perusahaan tidak hanya menginformasikan tentang pertumbuhan perusahaan dari sisi finansial, tetapi juga segala aspek yang lain. Tampilan dalam annual report juga relatif lebih komunikatif daripada laporan keuangan yang memang menjadi ‘konsumsi’ kalangan terbatas. Melalui annual report, perusahaan memperkenalkan dan melaporkan tentang dirinya secara lebih masif kepada publik. Tentu saja selain itu, website juga menjadi andalan dalam men-disclose informasi ke publik.

Berbeda dengan perusahaan, perguruan tinggi – yang merupakan gudangnya para intelektual dan yang melahirkan para pembuat annual report di perusahaan-perusahaan – di Indonesia justru belum terbiasa dengan annual report untuk dirinya sendiri. Belum banyak (untuk tidak bilang ‘belum ada’) perguruan tinggi di Indonesia yang secara rutin setiap tahun memproduksi dan mempublikasikan annual report sebagaimana perusahaan. Padahal melalui annual report itu, perguruan tinggi bisa memperkenalkan dirinya secara lebih detail dari berbagai aspek yang menjadi keunggulannya.

Selama ini, perguruan tinggi terlalu fokus pada upaya pencitraan pada masa-masa penerimaan mahasiswa baru (PMB). Sehingga produk yang dihasilkan pun juga sebatas leaflet/brosur PMB yang seringkali bahkan sangat parsial dan ‘menjebak’ calon mahasiswa.

Di beberapa negara  (misalnya di Eropa, Australia, dan Singapura), universitas-universitasnya telah melahirkan annual report secara rutin, setiap tahun yang dapat diakses melalui website resmi universitas. Informasi yang disajikan dalam annual report bisa lebih akurat dan traceable dibandingkan informasi yang terpampang di website universitas. Annual report biasanya disajikan dalam format pdf sehingga lebih ‘mapan’ sebagai sebuah informasi yang tidak berubah-ubah sebagaimana informasi dalam website yang setiap saat bisa berganti.

Sejalan dengan lahirnya undang-undang kebebasan informasi publik, maka layak menjadi pertimbangan untuk ‘meregulasikan’ bahwa (setidaknya) PTN diwajibkan untuk secara rutin setiap tahun menyampaikan annual report. PTS juga sesungguhnya jauh lebih berkepentingan untuk membuat dan menyajikan annual report untuk kepentingan jangka panjang…..

hmmmmm….semoga….

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: