«

»

Apr 20

Pemilihan Dosen dan Kajur ‘Unggulan’

Komitmen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk meningkatkan kapasitas akademik dosen-dosennya kembali dibuktikan. Kali ini terkait dengan proses pemilihan dosen dan ketua jurusan berprestasi, UMM menyelenggarakan sebuah proses seleksi internal yang dikemas dalam suatu rangkaian aktivitas dengan label “Capacity Building of Academic Quality Personnel”. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari (19-21 April 2010) di hotel Grand Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 dosen perwakilan masing-masing Program Studi dan 6 orang Ketua Program Studi. Selama “dikarantina” di hotel, para peserta diberikan pembekalan materi tentang ‘Pendidikan dan Pengajaran dalam rangka peningkatan standing academic dosen’ oleh Prof. Dr. Joko Kustono, MPd. (Ditnaga-Dikti) dan materi ‘Penguatan ajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi dosen dalam upaya peningkatan nilai-nilai moral dan akhlak bangsa” oleh Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, MA., (Ketua PWM Jatim).

Selain itu, para peserta diminta untuk mempresentasikan karya unggulannya (terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi) dalam waktu 10-20 menit. Peserta juga ‘dites’ pemahaman al Islam dan Kemuhammadiyahan serta komitmen kelembagaannya.

Dalam presentasinya, para peserta menyajikan karya-karya unggulan yang unik-unik. Dr. Ir. Damat, MP (Fakultas Pertanian) misalnya, menyajikan karya unggulan tentang Pati Garut Butirat. Sementara Dr. Ir. Anas Tain (FPP) mengangkat tentang pola kebijakan tentang pengentasan kemiskinan keluarga nelayan.

Dari Fakultas Ekonomi, Sudarti, M.Si (IESP) menyuguhkan tentang software penghitungan daya saing kabupaten kota; Titik Ambarwati, MM (Manajuemen) dengan ‘jualannya’ tentang kewirausahaan; Sri Budi Cantika Yuli, MM (D3 Perbankan) dengan BMT-nya, dan Ihyaul Ulum tetap konsisten dengan buku “Intellectual Capital”

Tim penguji digawangi oleh Prof. Dr. Noor Harini (BKMA), Prof. Dr. Diyah Roeswitawati (BKMA), Dr. Ir. Maftuchah (DPPM), dan Drs. Chozin, MAg (Kepala BAA).

Pada pagi hari, dari pukul 5-7 WIB para peserta diajak untuk berolah raga melalui serangkaian game yang ‘menyegarkan’ dan dilanjutkan dengan bermain sepakbola.

Di hari terakhir, diumumkan 3 terbaik untuk mewakili UMM ke tingkat Kopertis VII….

Di sela-sela kegiatan, muncul guyonan tentang nama-nama calon pemenang. Disebut misalnya beberapa nama dosen muda seperti Nuruddin (FISIP) dan Nur Subekhi (FT). Pun juga muncul guyonan tentang nama-nama yang tidak mungkin menang…terutama juga ketika beberapa presenter menyajikan tampilan ppt yang ‘tidak pas’, forum menyebutnya dengan power word, bukan power point!! ayak ayak wae….

Apapun hasilnya, yang pasti kegiatan ini telah mampu melahirkan suasana kekeluargaan yang luar biasa. Para peserta ‘mendeklarasikan’ diri sebagai “penggembira” dan tidak bertujuan untuk menang. Forum ini juga ‘melahirkan’ sebutan “perusuh” bagi beberapa peserta yang suka bikin ribut dan membuat gerrr forum, antara lain Dr. Wahyudi (FISIP), Dr. Masduki (FKIP), dan……..(gak enak nyebutnya…hehe).

hmmmm….semoga bermanfaat dan…SUKSES!!

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it:

7 comments

Skip to comment form

  1. Nurudin

    ‘menang apa tidak ya, saya?’

  2. ica

    karena kita sudah masuk maqom “penggembira” ya….kesempatan untuk menang masih lama, mungkin 5-10 tahun lagi, hahahaha….

  3. Nurudin

    nggawe berita pisan wae ora valid. lha juarane kan wis jelas, aku, sampeyan, dan gonda wk wk wk (kan wis dipoto di Cantika?)

  4. @cak_lum

    iyo yo…lali, ora rumongso nek wes menang…hahaha…
    penyebutan nama iki berdasarkan urutan pemenang yo…: aku juara siji, sampeyan juara 2, trus….wkwkwkwk

  5. @cak_lum

    yang pasti tidak 3 tahun lagi, karena yang untuk 3 tahun lagi sudah ada pemenangnya…dan sudah diumumkan kemarin..hihihi

  6. Nurudin

    yo, minggu siap2 menerima hadiah, seperangkat alat sholat wk wk wk wk

  7. @cak_lum

    wes disiapno panggung untuk penyerahan hadiah…
    dan penyambutan yang baru pulang dari Tretes…….

Comments have been disabled.