«

»

Apr 01

IC Disclosure: Fortune 500

Studi ini memiliki tiga bertujuan. Pertama, untuk mengeksplorasi literatur tentang IC dan mengembangkan suatu kerangka kerja tentang ketegori dan komponen-komponen IC. Kerangka kerja ini lebih rinci dibandingkan dengan beberapa kerangka kerja yang telah disajikan dalam beberapa literature (misalnya; Brooking, 1996; Guthrie et al., 2003). Kedua, menganalisis pengungkapan komponen-komponen IC dalam laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Fortune 500. Secara khusus, studi ini menyajikan bukti tentang praktik pengungkapan IC dalam laporan tahunan perusahaan selama lima (5) tahun. Selain itu, studi ini juga menunjukkan perbedaan pengungkapan komponen IC antara perusahaan yang masuk kategori “new” dan “oldeconomy.

Perusahaan yang dikategorikan dalam sektor ekonomi “baru” adalah perusahaan komputer, software, elektronik, dan industri semikonduktor. Sementara perusahaan-perusahaan dalam industri perbankan, sepeda motor, suku cadang pesawat terbang, bahan kimia, minyak tanah dan gas alam, nonferrous metal, dan farmasi masuk dalam sektor ekonomi “lama”.

Artikel aslinya dapat Anda dapatkan disini

Baca ringkasan penelitian ini dan penelitian lainnya tentang  INTELLECTUAL CAPITAL di buku: Intellectual Capital; Konsep dan Kajian Empiris (Graha Ilmu, 2009)

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: