«

»

Mar 19

Skripsi: menulis “Reviu Penelitian Terdahulu”

Review Penelitian Terdahulu, ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah penelitian yang direview minimal 3 tentang tema sejenis
  2. Tiap 1 penelitian dirangkum dalam 1-2 paragraph Hal-hal yang perlu dirangkum dalam review adalah: Nama peneliti, judul (boleh tidak dicantumkan), tahun dan tempat penelitian, teknik analisis data yang digunakan, hasil penelitian.

Contoh :

Pengelolaan customer capital yang baik akan menyebabkan kompetensi dalam aktivitas organisasi atau respon terhadap perubahan pasar dapat dikembangkan. Bontis (1998) menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif customer capital dan structural capital, sedangkan Bontis et al. (2000) menemukan hubungan yang positif signifikan. Hal tersebut berbeda dengan Astuti (2004) yang menemukan hubungan positif tidak signifikan. Ditinjau dari tingkat analisis organisasional, maka structural capital akan berhubungan dengan business performance. Bontis (1998), Bontis et al. (2000) dan Astuti (2004) menemukan hubungan positif signifikan antara structural capital dan business performance.


Ulum (2009) menguji dan memodifikasi model yang disarankan Bontis (1998) yang disebut sebagai diamond specification. Dalam model ini, customer capital tidak berhubungan dengan structural capital, melainkan langsung berhubungan dengan business performance. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan menguji model hubungan semua komponen IC dengan kinerja keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HC berhubungan dengan SC dan CC, CC berhubungan dengan SC, sementara SC dan CC berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Dalam perspektif yang berbeda, Ulum (2008a) menganalisis hubungan antara IC (diproksikan dengan Value Added Intellectual Coefficient – VAIC) dan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian dengan PLS diketahui bahwa secara statistik (baik nilai t-statistics seluruh path antara VAICä dan PERF maupun nilai R-square) terbukti terdapat pengaruh IC (VAICä) terhadap kinerja keuangan perusahaan, baik kinerja masa kini maupun masa yang akan datang. Artinya, IC dapat digunakan untuk memprediksi kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Hal yang sama juga dibuktikan ketika digunakan sampel perusahaan publik di sektor perbankan di Indonesia (Ulum, 2008b).

* hati2 dan hindari menggunakan kalimat yang ‘mubadzir’. misalnya, sudah menggunakan kata “menurut”, masih juga pakai kata “menyatakan”. contoh: menurut Ulum (2009) menyatakan….. – kalimat ini tidak efektif. silahkan piliha salah satu: Ulum (2009) menyatakan…. ataukah: menurut Ulum (2009)……

—oooOoo—

semoga menambah wawasan…dan bermanfaat…

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: