«

»

Mar 19

Skripsi: menulis “Perumusan Masalah”

Perumusan Masalah, ketentuannya adalah:

  1. Didahului dengan statement tentang pemicu penelitian, misalnya adanya mixed result dari studi sebelumnya.
  2. Tidak harus dalam kalimat pertanyaan, tetapi biasanya dirumuskan dalam kalimat pertanyaan. Menggunakan kata tanya yang dapat dijawab dengan jelas, misalnya: “apakah”, “bagaimana”, “mengapa”. Tidak boleh menggunakan kata-kata abstrak, misalnya: “sejauh mana”, “mungkinkah”.

contoh:

– statement awal pemicu penelitian:

IC yang merupakan intangible assets adalah sesuatu yang tidak mudah untuk diukur, karena itulah kemudian muncul konsep value added intellectual coefficient (VAIC™) yang menjadi solusi untuk mengukur dan melaporkan IC dengan mengacu pada informasi keuangan perusahaan (Pulic, 1998; 2000).

Beberapa riset di berbagai negara telah membuktikan adanya praktik pelaporan IC dalam laporan keuangan tahunan perusahaan dalam berbagai format pengungkapan (lihat misalnya: Bontis et al., 2000; Guthrie et al., 2006). Riset lainnya membuktikan adanya hubungan positif antara IC dengan kinerja perusahaan, baik masa kini maupun masa depan (lihat misalnya: Firer dan Williams, 2003; dan Chen et al., 2005). Hasil penelitian Chen et al. (2005) relatif tidak konsisten dengan penelitian Firer dan William (2003). Dalam penelitian Firer dan William (2003), ditemukan bahwa hubungan antara IC (VAIC™) dengan kinerja keuangan perusahaan terbatas dan tidak konsisten. Sedangkan penelitian Chen et al. (2005) memberikan bukti adanya pengaruh positif dan signifikan. Penelitian Tan et al. (2007) yang mengambil sample perusahaan publik di Singapura mendukung penelitian Chen et al. (2005). Adanya variasi hasil ini menarik untuk dilakukan penelitian lanjutan dalam lingkungan industri yang berbeda dengan menggunakan pendekatan yang sama.

– kalimat pertanyaannya:

  1. Apakah Intellectual Capital (VAIC™) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan?
  2. Apakah Intellectual Capital (VAIC™) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan masa depan?
  3. Apakah rata-rata pertumbuhan intellectual capital (ROGIC) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan masa depan?

—-ooOoo—-

semoga membantu…..

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: