«

»

Mar 19

Skripsi bersama….

Pada saat menyusun skripsi, ada masa dimana Anda mengalami kebuntuan….pada saat itu, Anda butuh orang lain untuk share tentang skripsi Anda, tentang data, tentang analisisnya, atau mungkin juga tentang dosen pembimbing. Nah, tidak selalu Anda mendapatkan respon yang baik dari teman Anda, karena bisa jadi dia juga tengah mengalami hal yang sama. Untuk meminimalisir hal itu, Anda bisa melakukan penelitian bersama. artinya, 1 tema, 1 data, diteliti bersama-sama. dengan demikian, maka bebannya akan terbagi. ada teman yg bisa diajak diskusi karena tema dan datanya sama. Misalnya, tema tentang Intellectual Capital Disclosure (ICD), dapat diteliti bersama dengan judul:

  1. Analisis praktik pengungkapan IC dalam laporan tahunan perusahaan sektor Telekomunikasi di Indonesia
  2. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan IC  dalam laporan tahunan perusahaan sektor Telekomunikasi di Indonesia
  3. Analisis Pengaruh ICD terhadap kinerja keuangan perusahaan  sektor Telekomunikasi di Indonesia
  4. Analisis Pengaruh ICD terhadap kinerja IC (VAIC)
  5. dan sebagainya

dengan demikian, satu data (yaitu laporan tahunan perusahaan di sektor telekomunikas) dapat menghasilkan setidaknya 4 skripsi!! mudah dan murah bukan?! tema2/isu2 yang lain juga dapat diteliti dengan model seperti ini…1 data….1 isu…berbagai hasil penelitian!! misalnya tema tentang Sustainability Reporting, Corporate Social Responsibility, Economic Value Added, Good Corporate Governance, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Publik, dan lain-lain…. jadi…kenapa harus susah…dan kenapa harus berlama2 dalam ber-skripsi????

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: