«

»

Mar 29

Menulis: wajib pake GLOSARIUM!

Perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat memacu perkembangan bahasa, khususnya mutu daya ungkap bahasa Indonesia. Peningkatan mutu daya ungkap itu dilakukan melalui pengembangan peristilahan bahasa Indonesia dalam berbagai bidang ilmu.

Himpunan istilah ini merupakan hasil pembakuan istilah bersama Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia dalam wadah Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (Mabbim). Pengembang­an istilah itu melibatkan ratusan pakar bidang ilmu dari berbagai lembaga pemerintah ataupun swasta, bersama pakar bahasa, dalam memadankan istilah asing setiap bidang ilmu ke dalam bahasa Indonesia.

Semua istilah dalam berbagai bidang ilmu tersebut disatukan dan diselaraskan. Penyelarasan itu dilakukan antarsubbidang ilmu dalam satu bidang ilmu dan antarilmu. Dari hasil penyelarasan itu terjadi penyusutan sehingga glosarium pada edisi ini hanya memuat 182.415 istilah.

Pernah bingung cari padanan istilah asing dalam bahasa Indonesia? atau tulisan Anda terlalu banyak cetakan miring gara2 Anda tidak tahu istilah Indonesia-nya? atau…Anda sedang skripsi, tesis, atau menulis apapun? silahkan install Glosarium biar tidak salah memilih kata. Ambil disini masternya.

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: