«

»

Mar 19

Kiat skripsi sukses…

Bagi shobat yang lagi nyusun skripsi (atau sejenisnya), ada beberapa tips untuk membuat Anda sukses melewati masa-masa akhir studi itu….

  1. Jangan pernah takut dengan skripsi. kalo ada anggapan/cerita dari senior bahwa skripsi itu susah, menakutkan, dan sejenisnya…abaikan!!
  2. Jangan percaya cerita senior tentang dosen pembimbing yang jelek2 atau yang mengerikan, karena pada dasarnya gak ada dosen yang mengerikan itu!!. jadi kalo ada yang bilang: “kamu dapat pembimbing bu A, atau pak S? waahhh..siap2 aja lama skripsimu. bisa 2 tahun!!”. jangan percayai itu
  3. Fokuslah pada skripsi. abaikan yang lain dulu lah…pacaran, kerjaan, juga FB-an (bila perlu). fokus hanya pada skripsi.
  4. Pilihlah tema yang memungkinkan Anda untuk bisa memperoleh data secara independen. artinya Anda tidak tergantung pada orang lain terkait dengan data penelitian itu. Misalnya, cari tema2 yang datanya sudah ready di internet (data sekunder)….hindari menggunakan kuesioner yang respondennya tersebar luas dan tidak dapat “dikendalikan”, karena itu akan menghambat skripsi Anda.
  5. Jika studi kasus, pastikan Anda memiliki akses ke objek penelitian. karena jika tidak, maka waktu Anda akan habis untuk menunggu jawaban ijin penelitian…
  6. Ketika menyusun bab metopen (khususnya di teknik analisis data), tulislah secara rinci, detail, dan sistematis tahapan analisis data yang akan Anda lakukan, begitu data diperoleh. Hal ini penting, karena jika tidak, maka Anda mengalami kebingungan setelah memperoleh data. bingung mau diapain tuh data?
  7. Usahakan tetap fokus…setelah dapat data, jangan istirahat dulu (misalnya pulang kampung dulu…). karena begitu Anda berhenti, mood dan atmosfirnya akan hilang, atau setidaknya berkurang. jadi, begitu dapat data, langsung analisis, dan langsung dibahas.
  8. Gunakan bantuan bahasa yang memadai, misalnya buku EYD dan GLOSARIUM untuk memastikan bahwa kalimat Anda tepat. dalam hal ini jangan terlalu percaya dengan dosen pembimbing, karena mereka belum tentu juga memahami konteks kebahasaan…jadi, bertanyalah kepada buku EYD dan Glosarium yang jelas2 legal!!

bagaimana? sudah siap skripsi? 2 bulan itu cukup untuk menyelesaikan skripsi!! tidak percaya?? silahkan dicoba….

Selamat ber-skripsi…..

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: