«

»

Mar 28

IC dan Kinerja Perusahaan: Studi Bontis et al (2000)

Penelitian tentang hubungan antara IC dan kinerja perusahaan dilakukan di Malaysia pada tahun 2000 oleh Bontis et al. Sample penelitian ini adalah mahasiswa MBA part-time di Kuala Lumpur dan Seremban. Jumlah respondennya sebanyak 107 mahasiswa, 60% responden bekerja di industri jasa dan 40% di industri non-jasa. Penelitian ini menggunakan instrumen QUESTIONNAIRE yang disusun oleh Nick Bontis  dan telah digunakan kali pertama di Kanada. Questionnaire ini terdiri dari 63 pernyataan. 53 pernyataan tentang IC, dan 10 pernyataan tentang kinerja bisnis. Skala yang digunakan untuk item IC dalam questionnaire ini adalah seven-point Likert scale (1= sangat tidak setuju, dan 7= sangat setuju). Sedangkan skala untuk item kinerja bisnis adalah 10 decile (1= bottom decile, dan 10= top decile). Analisis dilakukan dengan Partial Least Square (PLS).

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

H1  : Human Capital (HC) berhubungan secara positif dengan Customer Capital (CC)

H2  : Human Capital (HC) berhubungan secara positif dengan Structural Capital (SC)

H3  : Customer Capital (CC) berhubungan secara positif dengan Structural Capital (SC)

H4   : Terdapat hubungan positif antara Structural Capital (SC) dengan Business Performance (PERF).

Hasil pengujian H1 jelas menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat (p<0.01) antara HC dan CC tanpa memperhatikan tipe industri. Hal ini mengimplikasikan bahwa senior manajer harus merealisasikan seluruh potensi human capital yang dimiliki organisasi untuk memantapkan market orientation yang kuat bagi pelanggannya. Sedangkan pengujian H2 menunjukkan hubungan antara HC dan SC berbeda tergantung pada jenis industri. Untuk model 1 (service industries), beta coefficient-nya menunjukkan positive tetapi tidak significant. Sedangkan untuk model 2 (non-service industries) menunjukkan hubungan yang substantive, positive dan significant.

Silahkan baca sendiri versi aslinya disini!!

Baca ringkasan penelitian ini dan penelitian lainnya tentang  INTELLECTUAL CAPITAL di buku: Intellectual Capital; Konsep dan Kajian Empiris (Graha Ilmu, 2009)

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it: